<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible { opacity: 1; }</style>

Akademik STIKes RS. Haji Medan

Bidang Akademik STIKes RS. Haji Medan dipimpin oleh Pembantu Ketua Bidang Akademik. Membawahi 4 Program Studi yang terdiri dari Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) - S.1 dan Profesi Ners, Diploma IV Kebidanan, Diploma III Keperawatan dan Kebidanan.

Rosanti Muchsin, S.Kep., M.Kes

 

URAIAN JABATAN

1. NAMA JABATAN : PEMBANTU KETUA BIDANG  AKADEMIK STIKES RS. HAJI MEDAN
 
2. PENGERTIAN : Seseorang yang memiliki kemampuan manajerial dan memiliki syarat untuk diberikan tugas dan wewenang melaksanakan tugas dibidang Akademik.
 
3. RUMUSAN TUGAS
Menyusun rencana strategis, memberi tugas dan arahan mengkordinasikan kepada Ketua Program Studi dibidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkungan STIKes serta merumuskan kebijakan teknis dan memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan akademik berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk kelancaran tugas, dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua STIKes.
 
4. PERINCIAN TUGAS
4.1 Menyusun rencana strategis dan program kerja STIKes dibidang Akademik, meliputi, pendidikan dan pengajaran, koordinator pendidikan, penelitian, praktek klinik dan laboratorium, serta administrasi pendidikan.
4.2 Membagi tugas kepada Ka. Prodi, Koordinator pendidikan, praktek klinik, kurikulum, Administrasi kemahasiswaan dan kelompok dosen.
4.3 Memberi arahan kepada ketua program studi dan koordinator pendidikan untuk kelancaran tugas.
4.4 Mengkordinasikan kelancaran tugas ketua jurusan dan koordinator pendidikan agar terjalin kerja sama yang baik.
4.5 Mengevaluasi pelaksanaan tugas bagian terkait untuk mengetahui permasalahan dan penagulangannya.
4.6 Taat terhadap peraturan perundang-undangan dibidang akademik.
4.7 Mengevaluasi buku panduan Akademmik, KTI Memberi  saran alternatif dibidang akademik.
4.8 Menyusun kebijakan teknis dibidang akademik sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
4.9 Mengadakan rapat kerja dibidang akademik sesuai jadwal.
4.10 Melaksanakan pembinaan tenaga pengajar melalui seminar, temu wicara, lokakarya, berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk peningkatan kemampuan akademik.
4.11 Memonitor pelaksanaaan kegiatan bidang akademik.
4.12 Mengadakan kerja sama dengan pihak luar, lintas struktural dalam bidang pendidikan, penelitian, praktek klinik.
4.13 Menyusun laporan akademik, berdasarkan pelaksanaan tugas sebagai pertangung jawaban.
4.14 Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan menyangkut kedinasan
4.15 Menerima delegasi secara otomatis untuk menjalankan manajemen bila Ketua STIKes berhalangan (tidak hadir).
4.16 Memproses mahasiswa/i yang bermasalah di Akademi.
4.17 Mengkordinir penerimaan mahasiswa/i baru dan merekapitulasi data mahasiswa/i yang mendaptar, lulus seleksi, kuliah baik yang aktif dan tidak aktif.
 
5. TOLAK UKUR
5.1 Meningkatkan mutu kerja dibidang program studi.
5.2 Mampu mengkordinasikan Sarana dan Prasarana pendidikan yang disediakan oleh Yayasan.
5.3 Meningkatkan kemampuan Akademik mahasiswa sesuai dengan Visi dan Misi STIKes.
 
6. PEDOMAN KERJA
6.1 Peraturan perundang-undangan STIKes
6.2 Program kerja STIKes 
6.3 Amanah Ketua STIkes
 
7. TANGGUNG JAWAB 
7.1 Kebenaran dan ketepatan pelaksanaan rencana dan program kerja.
7.2 Kebenaran dan ketepatan hasil kerja.
7.3 Kelancaran pelaksanaan tugas pendidikan, pengajaran dan pengabdian masyarakat, keterpaduan dan keserasian hubungan kerja. 
 
8. WEWENANG DAN TANGUNG JAWAB
8.1 Mengambil keputusan yang berhubungan dengan akademik.
8.2 Memonitor pelaksanaan kegiatan PBM dilingkungan program studi.
8.3 Konsultasi pelaksanaan tugas kepada  atasan.
8.4 Mengajukan usul dan saran kepada atasan.
8.5 Meminta kelengkapan data dan informasi kepada unit kerja terkait.
8.6 Merekomendasikan, memaraf dan menandatangani surat serta dokumen dinas.
8.7 Meminta laporan hasil kerja kepada kordinator pendidikan, PKL, dan administrasi kemahasiswaan dan kelompok dosen.
8.8 Membantu ketua dalam mengkordinasi pelaksanaan manajemen, perencanaan pengorganisasian, analisa pengontrolan, dan evaluasi SDM Akademik.
8.9 Memonitor Kelancaran pelaksanaan tugas pendidikan, proses belajar mengajar, penelitian dan praktek klinik.
      
9. HUBUNGAN KERJA
NO NAMA JABATAN UNIT KERJA DALAM HAL
9.1 Ketua STIKes Konsultasi dalam hasil pelaksana tugas
9.2 Pembantu Ketua STIKes Kordinasi dalam Pelaksanaan Tugas
9.3 Ka. Prodi Prodi Kordinasi dalam Pelaksanaan Tugas
9.4 Kordinator pendidikan Prodi Kordinasi dalam Pelaksanaan Tugas
9.5 Administrasi Pendidikan Prodi Kordinasi dalam Pelaksanaan Tugas
9.6 Penjaminan Mutu STIKes Kordinasi dalam Pelaksanaan Tugas
 
Kedalam :   Seluruh bagian / unit terkait di STIKes RS. Haji Medan. 
Keluar : Lintas program  dan lintas struktural, di seluruh institusi pemerintahan dan swasta yang mempunyai hubungan Akademik.
 
10. SIFAT JABATAN
10.1 Jam kerja : Didalam jam kerja dan luar jam kerja.
10.2 Keadaan tempat kerja : Tenang, terang, lapang, dingin, kering, bersih.
 
11. SYARAT JABATAN
11.1 Pendidikan formal minimal S-1
11.2 Pengalaman dibidang : Akademik
11.3 Umur : 38 Tahun
11.4 Jenis kelamin : Laki-Laki atau Perempuan
11.5 Berkepribadian dan Berakhlakul Karimah
 
12. KEDUDUKAN DALAM STRUKTURAL ORGANISASI
12.1 Atasan Langsung : Ketua
12.2 Atasan tidak langsung : Yayasan 
12.3 Bawahan langsung : Ka. Prodi
12.4 Bawahan tidak langsung : Koordinator Pendidikan, Praktek Klinik, Kurikulum, Administrasi Kemahasiswaan/kelompok dosen, seluruh bagian di bawah Puket, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.  
 
Catatan :   
Uraian tugas ini diberikan kepada masing-masing bagian apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam penetapan dan belum termasuk di dalam Job Diskripsion ini akan diperbaiki sebagai mana mestinya.
                  
 

BERAKHLAK MULIA, KOMPETEN DAN PROFESIONAL

Senyum, Salam, Sapa, Sentuh dan Sopan

university-education-all-background-01