<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible { opacity: 1; }</style>

Acara Buka Puasa Bersama

STIKes RS.HAJI News – Medan, 20 Juni 2017 / 25 Ramadhan 1438 H. Acara buka puasa bersama dilaksanakan setiap bulan ramadhan di STIKes RS. Haji Medan. Pelaksanaan buka bersama diawali dengan sholat sunah Tasbih, sholar Zuhur berjamaah, Khataman Al-Qur'an, Tausiyah, buka bersama, sholat Magrib, makan bersama, sholat Isya, dilanjutkan dengan sholat Tarawih dan sholat Witir.

Buka puasa bersama di bulan Ramadhan telah menjadi budaya Indonesia, semua kelompok dari lapisan masyarakat, mulai dari kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah, melakukan "bukber" di hotel, restoran sampai tiap masjid. 

Yang sangat menarik, buka puasa bersama yang sering disingkat “bukber”, tidak hanya dihadiri dari kalangan Muslim yang berpuasa, tetapi juga yang tidak berpuasa dan bukan Muslim. 
 
Budaya buka puasa bersama sekaligus silaturrahim sangat baik. Setidaknya melalui medium buka puasa bersama di bulan Ramadhan mempunyai sepuluh hikmah atau manfaat.  
Pertama, menjalankan perintah silaturrahim sesuai yang tercantum di dalam Alqur’an Surat An-Nisa, ayat 1, yang artinya:
“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu”
Kedua, mendekatkan dan mengakrabkan hubungan antara satu dengan yang lain.
Ketiga, mencairkan hubungan yang tegang antara satu dengan yang lain. Karena perbedaan kepentingan terjadi perbedaan pendapat dan bahkan perselisihan. Melalui medium “bukber” bisa bertemu, hubungan menjadi cair dan baik kembali.
Keempat, membuka komunikasi dengan pihak lain, karena di dalam buka puasa bersama, tidak ada sekat atau pembatas. Semuanya bisa saling bersapa, duduk bersama sambil berbincang dan bukber.
Kelima, membangun hubungan baru dengan pihak lain yang mungkin hanya dengar, baca dan nonton di TV. Melalui bukber, bisa bertemu dan saling mengenal.
Keenam, memelihara hubungan silaturrahim antara satu dengan yang lain, karena selama sebelas bulan diluar bulan Ramadhan, tidak pernah bersilaturrahim karena kesibukan masing-masing.
Ketujuh, mempermudah rezeki. Kita sudah ketahui bahwa rezeki dari Allah, tetapi rezeki diperoleh dari interaksi dengan pihak lain, bisa melalui bisnis, pekerjaan, dan sebagainya.
Kedelapan, memperpanjang umur (usia).  Buka puasa bersama sambil bersilaturrahim, kita  bisa saling mendoakan, saling berbagi perasaan atau curhat, sehingga meredakan ketegangan psikis, karena sejenak melupakan persoalan yang dihadapi. Selain itu, bisa mendengar ceramah dari yang lebih berpengalaman dan banyak ilmu, sehingga memberi kecerahan dan harapan baru.  Dampaknya Allah memberi kesehatan pisik dan psikis, sehingga panjang umur.
Kesembilan, persatuan dan kesatuan dibangun melalui medium bukber. 
Kesepuluh, lahir ide-ide brilian melalui bukber, karena setiap bukber selalu diisi dengan ceramah dan dialog.
 
Semoga kita bisa memanfaatkan momentum buka puasa bersama untuk meraih hikmah atau manfaat untuk membangun masyarakat, bangsa dan negara yang kita cintai ini.

Tanggal Update : 05 Juli 2017
Jam Update : 10:37:00
view : 51



Berita Lainnya

Judul : Tadarus Al-Quran

Sinopsis :

STIKes RS.HAJI News – Medan, 30 Mei 2017 / 4 Ramadhan 1438

Tanggal Update : 05 Juli 2017
Jam Update : 10:30:53
view : 35

Judul : Pemberangkatan Praktek Belajar Lapangan

Sinopsis :

STIKes RS. Haji News – Medan, 17 Maret 2017. Pelaksanaan Br

Tanggal Update : 12 Mei 2017
Jam Update : 14:10:53
view : 91

Judul : Penerimaan Mahasiswa Baru Gelombang I

Sinopsis :

Tanggal Update : 16 Agustus 2017
Jam Update : 11:48:58
view : 41

BERAKHLAK MULIA, KOMPETEN DAN PROFESIONAL

Senyum, Salam, Sapa, Sentuh dan Sopan

university-education-all-background-01