<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible { opacity: 1; }</style>

Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah

STIKes RS.HAJI News – Medan,  01 September 2017/ 10 Dzulhijjah 1438 Hijriyah. Pada hari ini umat Islam di seluruh penjuru dunia berkumpul pada pagi hari untuk melaksanakan sholat sunnah Idul Adha (Sholat Id) yang dilaksanakan di Masjid maupun di tanah lapang. Dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban untuk dibagikan kepada yang berhak menerimanya.

Sejarah Qurban Idul Adha

Sejarah qurban idul adha dijelaskan secara singkat dan jelas dalam Al Quran surat As Shoffat ayat 102. Dalam QS AS Shoffat tersebut bisa diceritakan sejarah qurban adalah sebagai berikut. Saat Ismail berusia remaja, ayahnya Ibrahim memanggil Ismail (anak Ibrahim) untuk mendiskusikan sesuatu.
 
Ibrahim menceritakan kepada Ismail bahwa Ibrahim telah mendapatkan perintah dari Allah melalui mimpi untuk menyembelih Ismail. Dari sini, Ibrahim menanyakan kepada Ismail: "Bagaimana menurutmu, wahai Ismail?"
 
Lantas, Ismail menjawab: "Wahai ayah, laksanakan perintah Allah yang dimandatkan untukmu. Saya akan sabar dan ikhlas atas segala yang diperintahkan Allah," ujar Ismail kepada ayahnya, Ibrahim. Dalam hal ini, Ibrahim mengkonfirmasikan mimpinya jangan-jangan mimpinya datang dari setan.
 
Ternyata tidak, Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah sebanyak 3 (tiga) kali melalui mimpi. Setelah mendapatkan petunjuk dan yakin bahwa itu adalah perintah Allah, maka Ibrahim dengan ikhlas akan menyembelih puteranya sendiri, yaitu Ismail.
 
Setelah Ibrahim dan Ismail kedua-duanya ikhlas untuk menjalankan perintah Allah, ternyata Allah mengganti Ismail menjadi domba. Dari peristiwa ini, sudah mulai bisa diketahui arti, makna, dan hakikat idul adha qurban. Peristiwa ini kemudian dijadikan sebagai hari raya umat Islam selain hari raya idul fitri.
 
 

 
Arti Qurban Idul Adha
Arti kata idul adha qurban ada dua makna. Pertama, arti qurban adalah dekat yang diambil dari bahasa Arab Qarib. Pandangan umum mengatakan bahwa qurban adalah upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah.
 
Kedua, arti qurban adalah udhhiyah atau bisa dikatakan dhahiyyah yang artinya adalah hewan sembelihan. Dari arti makna qurban ini, maka menjadi tradisi sebagaimana lazim dilakukan umat muslim di dunia untuk menyembelih hewan dengan cara kurban atau mengorbankan hewan yang menjadi sebagian hartanya untuk kegiatan sosial.
 
"Tradisi kurban dalam hari raya idul adha memiliki dua dimensi. Pertama, makna qurban memiliki dimensi ibadah-spiritual. Kedua, makna qurban punya dimensi sosial," ujar Lismanto, pencetus teori aktualisasi syariat (dalam Hukum Islam Progresif, 2014). 
 

 


Tanggal Update : 11 September 2017
Jam Update : 10:40:07
view : 111



Berita Lainnya

Judul : Kontingen Tilawah dan Nasyid Meriahkan MTQN PT Se Sumut Di UINSU

Sinopsis :

STIKes RS.HAJI News – Kamis, 19 Oktober 2017 Penampilan Peserta dari STIKes RS Haji Medan di MTQN Perguruan Tinggi Se Sumatera Utara Di UIN-SU Medan tanggal 17 s/d 21 Oktober 2017.

STIKes RS. Haji Medan mengirimkan kontingen Tilawah dan Nasyid. Peserta dari PTN dan PTS Se Sumatera Utara mendaftarkan diri kepada Panitia MTQN PT Di UIN-SU tahun 2017 untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an, Khotil Qur'an, Syarhil Qur'an, Khotamil Qur'an dan Nasyid.

Meskipun belum mendapatkan Prestasi dalam kegiatan ini, Kontingen STIKes RS. Haji Medan telah memberik

Tanggal Update : 08 November 2017
Jam Update : 11:38:13
view : 19

Judul : Marhaban Ya Ramadhan 1438 Hijriyah

Sinopsis :

STIKes RS.HAJI News – Medan, 27 Mei 2017. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1438 HijriyahPuasa secara bahasa bermakna “ menahan diri “. Sedangkan menurut istilah syara’ adalah menahan diri  dari segala sesuatu yang membatalkan mulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam, karena semata perintah Allah SWT, dengan disertai niat dan syarat tertentu.<

Tanggal Update : 29 Mei 2017
Jam Update : 14:08:38
view : 96

Judul : Penyusunan Instrumen Uji Kompetensi

Sinopsis :

STIKes RS. Haji News – Berastagi, 5 April 2017. Workshop Penyusunan Instrumen Uji Kompetensi dengan Item Develpment & Item Review Soal bagi PTS Kesehatan Program Studi Diploma III Keperawatan Di Lingkungan Kopertis Wilayah I Provinsi Sumatera Utara dilaksanakan Di Berastagi tanggal 3 s/d 5 April.

Dihadiri Koordinator Kopertis Wil. I Sumut Prof. Dr. Dian Armanto dan Peserta dari Institusi Kesehatan kota Medan dan Sumatera Utara.

Written By : News Department ITC of STIKes RS. Haji Medan.

Tanggal Update : 06 April 2017
Jam Update : 12:10:55
view : 116

Judul : Turut Berduka Cita

Sinopsis :

STIKes RS.HAJI News – Medan, 30 Juli 2017/ 06 Dzul Qaidah 1438 Hijriyah. Yayasan Pendidikan Haji Sumatera Utara dan Seluruh Civitas Akademika mengucapkan Turut berduka cita atas meninggalnya Bapak dr. H. Syarifuddin Munthe, SKM. Semoga Allah SWT, menerima segala amal kebaikan almarhum dan menempatkan ditempat yang sebaik-baiknya yaitu surga Jannatun Na'im. Bagi keluarga yang ditinggalkan dapat sabar dan ikhlas dalam menerima musibah ini dan senantiasa mendo'akan almarhum.

Tanggal Update : 31 Juli 2017
Jam Update : 14:10:48
view : 88

Judul : Yudicium Akhir Program

Sinopsis :

STIKes RS.HAJI News – Medan, 02 Agustus 2017/ 04 Dzul Qo'dah 1438 Hijriyah. Yudicium Akhir Program Studi Diploma III Keperawatan dan Kebidanan STIKes RS. Haji Medan.

Tanggal Update : 15 Agustus 2017
Jam Update : 14:36:46
view : 68

BERAKHLAK MULIA, KOMPETEN DAN PROFESIONAL

Senyum, Salam, Sapa, Sentuh dan Sopan

university-education-all-background-01