<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible { opacity: 1; }</style>

Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah

STIKes RS.HAJI News – Medan,  01 September 2017/ 10 Dzulhijjah 1438 Hijriyah. Pada hari ini umat Islam di seluruh penjuru dunia berkumpul pada pagi hari untuk melaksanakan sholat sunnah Idul Adha (Sholat Id) yang dilaksanakan di Masjid maupun di tanah lapang. Dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban untuk dibagikan kepada yang berhak menerimanya.

Sejarah Qurban Idul Adha

Sejarah qurban idul adha dijelaskan secara singkat dan jelas dalam Al Quran surat As Shoffat ayat 102. Dalam QS AS Shoffat tersebut bisa diceritakan sejarah qurban adalah sebagai berikut. Saat Ismail berusia remaja, ayahnya Ibrahim memanggil Ismail (anak Ibrahim) untuk mendiskusikan sesuatu.
 
Ibrahim menceritakan kepada Ismail bahwa Ibrahim telah mendapatkan perintah dari Allah melalui mimpi untuk menyembelih Ismail. Dari sini, Ibrahim menanyakan kepada Ismail: "Bagaimana menurutmu, wahai Ismail?"
 
Lantas, Ismail menjawab: "Wahai ayah, laksanakan perintah Allah yang dimandatkan untukmu. Saya akan sabar dan ikhlas atas segala yang diperintahkan Allah," ujar Ismail kepada ayahnya, Ibrahim. Dalam hal ini, Ibrahim mengkonfirmasikan mimpinya jangan-jangan mimpinya datang dari setan.
 
Ternyata tidak, Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah sebanyak 3 (tiga) kali melalui mimpi. Setelah mendapatkan petunjuk dan yakin bahwa itu adalah perintah Allah, maka Ibrahim dengan ikhlas akan menyembelih puteranya sendiri, yaitu Ismail.
 
Setelah Ibrahim dan Ismail kedua-duanya ikhlas untuk menjalankan perintah Allah, ternyata Allah mengganti Ismail menjadi domba. Dari peristiwa ini, sudah mulai bisa diketahui arti, makna, dan hakikat idul adha qurban. Peristiwa ini kemudian dijadikan sebagai hari raya umat Islam selain hari raya idul fitri.
 
 

 
Arti Qurban Idul Adha
Arti kata idul adha qurban ada dua makna. Pertama, arti qurban adalah dekat yang diambil dari bahasa Arab Qarib. Pandangan umum mengatakan bahwa qurban adalah upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah.
 
Kedua, arti qurban adalah udhhiyah atau bisa dikatakan dhahiyyah yang artinya adalah hewan sembelihan. Dari arti makna qurban ini, maka menjadi tradisi sebagaimana lazim dilakukan umat muslim di dunia untuk menyembelih hewan dengan cara kurban atau mengorbankan hewan yang menjadi sebagian hartanya untuk kegiatan sosial.
 
"Tradisi kurban dalam hari raya idul adha memiliki dua dimensi. Pertama, makna qurban memiliki dimensi ibadah-spiritual. Kedua, makna qurban punya dimensi sosial," ujar Lismanto, pencetus teori aktualisasi syariat (dalam Hukum Islam Progresif, 2014). 
 

 


Tanggal Update : 11 September 2017
Jam Update : 10:40:07
view : 510




Berita Lainnya

Judul : Tadarus Al-Quran

Sinopsis :

STIKes RS.HAJI News – Medan, 30 Mei 2017 / 4 Ramadhan 1438 H. Untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, seluruh Pegawai STIKes RS. Haji Medan melaksanakan kegiatan Tadarus Al-Qur'an sesudah sholat Zuhur berjamaah.

Istilah tadarus semakin populer di bulan Ramadan ini. kegiatan ini tak hanya dilakukan di masjid atau musala, tapi juga di rumah. Banyak muslimin yang membaca Al-Quran dari awal hingga khatam, tapi ada juga yang melanjutkan kebiasaan tadarus setelah salat fardu. Misalnya, setelah salat subuh membaca Surat Al-Waqiah, zuhur (Arrahman), ashar (Assajadah), magrib (Yaasiin dan Al Kahfi), dan isya (Almulk).
 
Istilah tadarus sebenarnya agak berbeda antara bentuk kegiatan dan makna bahasanya. Tadarus yang lazim dilakukan saat ini adalah berbentuk sebuah majelis di mana para pesertanya membaca Al-Quran
Tanggal Update : 05 Juli 2017
Jam Update : 10:30:53
view : 191

Judul : Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1439 H

Sinopsis :

STIKes RS. Haji News – Medan, 21 April 2018 / 04 Sya'ban 1439 Hijriyah. Peringatan Isra' Mikraj Nabi Muhammad S.A.W. 1439 H Di Aula Gedung Muzdalifah Yayasan Pendidikan Haji Sumatera Utara dengan mengundang Al Ustadz H. Firmansyah Waruwu, Lc, MA.

STIKes RS.HAJI News – Sabtu, 23 Desember 2017 / 04 Rabiul Akhir 1439 H. Pekan Olahraga dan Seni Gebyar HUT. STIKes RS. Haji Medan Ke-9 ditutup secara resmi oleh Ketua Yayasan Pendidikan Haji Sumatera Utara dr. H. M.P. Siregar, SKM. Dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh Panitia dan Peserta serta harus tetap bersyukur kepada Allah SWT, yang telah menganugerahi selama 23 tahun STIKes RS. Haji Medan dapat terus maju dan berkembang, beliau juga berharap kerja keras kita bersama untuk memajukan Yayasan Pendidikan Haji Sumatera Utara dengan mempromosikan STIkes RS. Haji Medan, STIKes Nurliana Medan dan SMK Kesehatan Haji Sumatera Utara.

Dengan Fasilitas yang sesuai dengan Standar Pendidikan Nasional, SDM Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang baik dan Pelayanan yang Prima kepada seluruh Mahasiswa, Alumni dan Pengguna Lulusan diharapkan STIKes RS. Haji terus berkembang menjadi Universita

Tanggal Update : 28 Desember 2017
Jam Update : 12:24:06
view : 100

Judul : Pengobatan Gratis dan Khitanan Massal

Sinopsis :
STIKes RS.HAJI News – Deli Serdang, 21 April 2017. Pengabdian Masyarakat Program Studi Diploma III Keperawatan dan Kebidanan berupa Pengobatan Gratis, Khitanan Massal Gratis, Test IVA, Cek Asam Urat, Kolesterol, KGD dan Senam Lansia di desa Tengah kecamatan Pantai Labu kabupaten Deli Serdang bekerja sama dengan Petugas kesehatan Puskesmas Pantai Labu.

 

Written By : News De

Tanggal Update : 25 April 2017
Jam Update : 17:03:21
view : 253

Judul : Penerimaan Mahasiswa Baru Gelombang I

Sinopsis :

STIKes RS.HAJI News – Medan, 6 Juni 2017/ 11 Ramadhan 1438 Hijriyah. Pelaksanaan Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru STIKes RS. Haji Medan Gelombang I berlangsung dengan baik. Seluruh Peserta hadir Pukul 07.30 WIB, Ujian dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB s/d Selesai di Aula Gedung Muzdalifah STIKes RS. Haji Medan.

Peserta terdiri dari Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) - S.1, Farmasi - S.1, Ilmu Kesehatan Masyarakat - S.1, Diploma III Keperawatan dan Kebidanan.

BERAKHLAK MULIA, KOMPETEN DAN PROFESIONAL

Senyum, Salam, Sapa, Sentuh dan Sopan

university-education-all-background-01