<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible { opacity: 1; }</style>

Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah

STIKes RS.HAJI News – Medan,  01 September 2017/ 10 Dzulhijjah 1438 Hijriyah. Pada hari ini umat Islam di seluruh penjuru dunia berkumpul pada pagi hari untuk melaksanakan sholat sunnah Idul Adha (Sholat Id) yang dilaksanakan di Masjid maupun di tanah lapang. Dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban untuk dibagikan kepada yang berhak menerimanya.

Sejarah Qurban Idul Adha

Sejarah qurban idul adha dijelaskan secara singkat dan jelas dalam Al Quran surat As Shoffat ayat 102. Dalam QS AS Shoffat tersebut bisa diceritakan sejarah qurban adalah sebagai berikut. Saat Ismail berusia remaja, ayahnya Ibrahim memanggil Ismail (anak Ibrahim) untuk mendiskusikan sesuatu.
 
Ibrahim menceritakan kepada Ismail bahwa Ibrahim telah mendapatkan perintah dari Allah melalui mimpi untuk menyembelih Ismail. Dari sini, Ibrahim menanyakan kepada Ismail: "Bagaimana menurutmu, wahai Ismail?"
 
Lantas, Ismail menjawab: "Wahai ayah, laksanakan perintah Allah yang dimandatkan untukmu. Saya akan sabar dan ikhlas atas segala yang diperintahkan Allah," ujar Ismail kepada ayahnya, Ibrahim. Dalam hal ini, Ibrahim mengkonfirmasikan mimpinya jangan-jangan mimpinya datang dari setan.
 
Ternyata tidak, Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah sebanyak 3 (tiga) kali melalui mimpi. Setelah mendapatkan petunjuk dan yakin bahwa itu adalah perintah Allah, maka Ibrahim dengan ikhlas akan menyembelih puteranya sendiri, yaitu Ismail.
 
Setelah Ibrahim dan Ismail kedua-duanya ikhlas untuk menjalankan perintah Allah, ternyata Allah mengganti Ismail menjadi domba. Dari peristiwa ini, sudah mulai bisa diketahui arti, makna, dan hakikat idul adha qurban. Peristiwa ini kemudian dijadikan sebagai hari raya umat Islam selain hari raya idul fitri.
 
 

 
Arti Qurban Idul Adha
Arti kata idul adha qurban ada dua makna. Pertama, arti qurban adalah dekat yang diambil dari bahasa Arab Qarib. Pandangan umum mengatakan bahwa qurban adalah upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah.
 
Kedua, arti qurban adalah udhhiyah atau bisa dikatakan dhahiyyah yang artinya adalah hewan sembelihan. Dari arti makna qurban ini, maka menjadi tradisi sebagaimana lazim dilakukan umat muslim di dunia untuk menyembelih hewan dengan cara kurban atau mengorbankan hewan yang menjadi sebagian hartanya untuk kegiatan sosial.
 
"Tradisi kurban dalam hari raya idul adha memiliki dua dimensi. Pertama, makna qurban memiliki dimensi ibadah-spiritual. Kedua, makna qurban punya dimensi sosial," ujar Lismanto, pencetus teori aktualisasi syariat (dalam Hukum Islam Progresif, 2014). 
 

 


Tanggal Update : 11 September 2017
Jam Update : 10:40:07
view : 553




Berita Lainnya

Judul : Serah Terima Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2016/2017

Sinopsis :
STIKes RS. Haji News – Medan, 15 September 2016. Serah Terima Dari Orang Tua Ke STIKes RS. Haji Medan Acara Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2016/2017.
 
Sebelum pelaksanaan Acara, calon mahasiswa baru yang sudah berada dilokasi langsung masuk kamar di asrama yang ditentukan oleh Panitia Sipenmaru. Calon Mahasiswa baru harus mengikuti ketentuan peraturan masuk asrama yang telah ditetapkan dan diberitahukan pada saat Lulus seleksi. Panitia memeriksa kelengkapan mahasiswa masuk asrama dan tidak diperkenankan membawa barang-barang diluar ketentuan.
 
Setelah masuk asrama acara dilanjutkan dengan serah terima mahasiswa dari orang tua kepada Ketua STIKes RS. Haji Medan di Aula Gedung Muzdalifah. Penyematan Selamat Datang secara simbolis oleh Bapak dr. H.M.P.
Tanggal Update : 24 Maret 2017
Jam Update : 17:19:54
view : 408

Judul : Penyambutan Peserta PBL Di Kantor Camat Pantai Labu

Sinopsis :

Medan, 10 April 2017. Acara Penyambutan mahasiswa peserta Praktek Belajar Lapangan (PBL) dari STIKes RS. Haji Medan di Kantor Camat Pantai Labu kabupaten Deli Serdang, diserahkan oleh Ketua STIKes RS. Haji Medan didampingi Kaprodi D3 Keperawatan dan Kebidanan. Diterima oleh Camat Pantai Labu dan Kepala Desa Tengah beserta dengan seluruh jajarannya. Pelaksanaan PBL selama 19 hari dari tanggal 10 April s/d 29 April 2017.

Dalam sambutannya Camat Pantai Labu Ayub,

Tanggal Update : 19 April 2017
Jam Update : 14:54:52
view : 566

Judul : Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 72

Sinopsis :

STIKes RS.HAJI News – Medan, 15 Agustus 2017/ 22 Dzul Qo'dah 1438 Hijriyah. Pimpinan dan Seluruh Civitas Akademika STIKes RS. Haji Medan Mengucapkan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 72. 

Paskibra STIKes Rs. Haji Medan mendapatkan kepercayaan oleh Kopertis Wilayah I Provinsi Sumatera Utara sebagai Pasukan Pengibar Bendera pada Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 72 hari Kamis mendatang.

Persiapan latihan telah dilakukan ole

Tanggal Update : 16 Agustus 2017
Jam Update : 11:48:58
view : 322

Judul : Akreditasi Prodi D IV Bidan Pendidik

Sinopsis :

STIKes RS. Haji News – Medan, 21 Mei 2018 / 05 Ramadhan 1439 Hijriyah. Alhamdulillah, Program Studi Diploma IV Bidan Pendidik STIKes RS. Haji Medan sudah menjalani asesment lapangan oleh tim asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PT Kes) ibu K.H. Windhi Astuti, M.Mid dan ibu Yeti Hernawati, SST, M.Kes dari tanggal 20 s/d 22 Mei 2018.

STIKes RS.HAJI News – Medan, 12 Agustus 2017/ 19 Dzul Qo'dah 1438 Hijriyah. Pengajian dan Arisan Pegawai STIKes RS. Haji Medan Di Aula Gedung Muzdalifa. Acara ini dilaksanakan setiap bulan dengan mencabut nomor untuk penentuan sebagai tuan rumah dan lokasi kegiatan ditentukan oleh tuan rumah. 

Tanggal Update : 28 Agustus 2017
Jam Update : 10:42:55
view : 152

BERAKHLAK MULIA, KOMPETEN DAN PROFESIONAL

Senyum, Salam, Sapa, Sentuh dan Sopan

university-education-all-background-01